Pages

kALo jALan Lo eMaNg beDa, NggAk pa-Pa kAn?

Huhuhu.... jam seginiii.... ku sendiriiii....
Wah, tapi sebenernya lumayan loh.... dari kesendirian ini, tiba-tiba gue berpikir...
Gini...
Waktu gue kelas dua SMA dulu, jaman-jamannya seleksi olimpiade, kan semua anak kelas gue disuruh ikut seleksi ini, padahal kelas yang lain enggak, yang mau ikut olimpiade aja yang ikut seleksi, kalo enggak mau ya nggak ikut. Jadinya dalam keadaan terpaksa kayak gitu, gue sepakat sama Damara sama siapa ya itu, Alvi apa ya, untuk ikut seleksi olimpiade biologi aja, soalnya kan cuma olimpiade biologi aja yang gak pake itung-itungan, secara kimia, matematika, sama fisika kan pake, jadi kalo menurut kita-kita (waktu itu) karena gak pake itung-itungan, kita bisa asal silang aja, kalo udah selese langsung keluar. Soalnya kalo kita ikut yang itung-itungan, pasti ntar kita penasaran buat ngitung, jadinya kan lama, pusing lagi, ya udah, dengan berbekal pemikiran itulah akhirnya kita ikut seleksi olimpiade biologi dengan seper-berapa hati (gak nyampe setengah sih soalnya, hehehe). Dan bener juga pemikiran kita, kita cepet banget keluarnya, soalnya ya, cuma silang doang itu.
Nah, sekitar beberapa minggu kemudian, kan keluar pengumumannya, nah dari SEMUA anak sekelas (bayangkan, SEMUA, total 29 anak) yang gak keterima seleksi tuh cuma gue sama Alvi, BAYANGIN! Kalo Alvi sih masih bisa dimaklumi, dia kan baru pindah dari Ozie, apalagi katanya kurikulum sekolahnya sama Indo tuh beda, jadinya wajar banget kalo dia gak bisa. Itupun karena masih bersemangat, akhirnya dia mutusin untuk ikut seleksi olimpiade matematika karena sekolah masih ngasih kesempatan kedua buat anak-anak yang nggak lulus seleksi.
Nah, bagaimana dengan sayah?
Terus terang, gue SHOCK BERAT. Kok bisa? Gue sampe terus-terusan berpikir, apa iya gue sebego itu, sampe temen-temen gue lulus seleksi, kok cuma gue yang enggak, gitu lho. Sampe-sampe, pas kompie kelas gue gak ada yang make, gue langsung nulis post di blog ini, post singkaaaaaat banget, cuma tiga kalimat pendek doang, but that really express the way i felt at that time (liat aja post tanggal 21 okt 2005, maap gak bisa kasi linknya). Oh ya, gue nulis post itu sambil nahan nangis lho. Hiperbolis amad yak sebenernya kalo dipikir-pikir sekarang, hehehe.
Nah, karena gue ngerasa super bad mood itulah, akhirnya gue lari ke Dila, yah biasalah, kalo gue pengen curhat kan gue pasti larinya ke dia, dan Alhamdulillah kupingnya tahan-tahan aja tuh denger semua cerita gue, hehehe... dan tau nggak, dia ngasih gue nasehat yang wise banget menurut gue, yah kira-kira kayak gini, nih...
"Boom, semua orang tuh udah digariskan jalannya masing-masing sama Allah, mungkin jalan kamu ke sini (sambil menggerakkan jarinya di atas meja ke kanan) sementara 28 anak yang laen di kelas kita itu ke sini (sambil menggerakkan jarinya ke kiri), jadi kalo misalnya kamu gak lulus seleksi olimpiade, itu berarti jalan kamu emang gak ke situ, tapi Allah mungkin udah nyiapin jalan yang laen yang memang cocok dan terbaik buat kamu, dan gak lulus olimpiade itu bukan berarti kamu bego, ya balik ke situ tadi, kamu emang jalannya nggak ke situ. Orang mau belajar sekeras apapun, sepinter apapun, kalo emang bukan jalannya ya nggak lulus seleksi juga kok. Gimanapun kan Allah juga yang nentuin akhirnya, ya nggak?"
Gila, kalo bahasa kerennya nih, tiba-tiba mata gue langsung terbuka denger kata-katanya Dila (sumpah, beruntung banget gue jadi sobat lo, Dil!), gue langsung berpikir 'jernih' (secara sebelum itu kepala gue lagi keruh-keruhnya, hati gue juga), iya ya bener juga.... gimanapun juga kan seleksi olimpiade itu bukan segala-galanya, seleksi itu bukan pengukur murni pinter ato begonya seseorang, dan gak lulus seleksi itu masih belom pantes untuk bikin seseorang jadi ngerasa down. Masih banyak kok jalan laennya, dan meskipun gagal di jalan yang laen itu, lo masih bisa nyoba jalan yang laen lagi, sampe akhirnya lo nemuin jalan yang emang digariskan Tuhan buat lo, ya kan? Ngedapetin jalan yang 'beda' dari temen-temen, ato bahkan sodara lo, itu sah-sah aja kok. Kalo digariskannya emang ke situ, mau gimana lagi coba, ya kan? Pepatah "if you already give the best, just let God do the rest" ternyata bener banget, bo.
Nah, ternyata hal ini terulang lagi ke gue, tapi skalanya gak separah yang pas seleksi olimpiade itu sih, at least kan gue udah keterima kuliah... ya kayak sekarang ini, temen-temen gue semuanya udah kuliah, dan mereka lagi seneng-senengnya menikmati masa kuliah mereka. Gue? Gue masih tergeletak di rumah gue sampai Desember ntar, abis tu gue baru kuliah, padahal semua temen-temen gue udah masuk semester dua.
Kalo lo pikir gue ngerasa down en rendah diri lagi, ho-ho-ho, you've just made a big mistake. Gue bisa nerima ini dengan hati lapang kok, meskipun gue bingung juga nganggur-nganggur gini gue ngapain yak, hehehe... ya sama aja kan kayak orang bingung harus ngapain buat ngisi libur panjang. Jadi teman-temankuh tercinta yang udah kuliah, gue udah gag jealous lagi ma kalian, malah sekarang gue bersyukur gue nganggur, gue bisa mengistirahatkan otak gue, biar ntar lebih fresh kalo udah pas kuliah, soalnya ngeri juga kalo denger cerita2 temen2 gue yang kuliah (Yaz, good luck yah dengan PR-fisika-100-nomer lo! Ganbatte! You can do it!), hehehe. Kalo udah gitu sih mending nganggur yaaak.
Jadi pada intinya, gue cuma mau bilang.... nggak pa-pa kok kalo ternyata jalan lo beda sama temen-temen lo, itu bukan suatu kesalahan ato such a big deal. Justru dengan jalan lo yang beda, nanti lo akhirnya bisa nemuin sendiri ke mana arah jalan itu, ato mungkin lo bisa nemuin sendiri rute yang pas buat nempuh jalan lo itu nantinya, tanpa harus ngikutin temen ato sodara lo yang lagi nempuh jalannya sendiri yang beda sama lo itu. Bukannya lebih bangga kalo bisa nemuin sesuatu sendiri tanpa harus bergantung sama orang lain, ya gak?
Ngerti ya maksud saya?? (wek, jadi inget sama Pak Z****l, hehhee)

NB: Haduuh, gue lg jleb banget nih sama kalimat pertama lirik reff lagunya D'Cinnamons yang Selamanya Cinta.... buat yang juga suka dan merasa punya pengalaman pribadi sama lagu ini, mari menangis bersama, hiks....

0 comments:

Post a Comment