Pages

NeW iNTeRNatiOnaL StuDeNt WeLCoMinG pRogRam : eXtRemeLy fUn!!

ok, sebelumnya gue jelasin dulu yaa... setiap ada mulai semester baru, international office-nya UPM slalu ngadain acara New International Student Welcoming Program gitu, diadainnya di Faculty of Modern Language and Communication, dan semua international student yang baru masuk tiap semester tuh wajib ikut. Yawda, akhirnya gue ikutan ini acara deh.
Acara ini diadain selama tiga hari, mulainya jam 9 pagi, trus selesainya jam 6 sore tiap harinya... dan tiap student yang ikut dijemput sama bus khusus... asik kan, padahal sebelumnya gue bingung juga tuh gimana gue mau ke Facultynya itu, soalnya bus college gue (k17) gak lewat sana. Nasiiib nasib tinggal di college terpencil, ahahahaha... tapi gue seneng sih tinggal di college 17, environmentnya asik dan mendukung banget. Pokoknya i luv this college... loh kok malah jadi cerita collegenya ya?
OK deh, start from day 1 ya...
Day 1 :
Jam 7.00, gue nyampe di faculty-nya kan, trus kita langsung diajak buat sarapan pagi, wuaaahhh lumayan, sebelumnya gue sempet mikir juga, pagi-pagi buta begini berangkat kan gue gak sempet sarapan, soalnya waktu gue berangkat tadi kafetarianya belum buka, jadi gue cuma sempet sarapan susu sereal doang. Trus kita makan gitu di dining hall. Menunya lumayan loh, ada roti tawar (dua pilihan, roti tawar biasa sama roti gandum, gue milihnya roti putih soalnya gue udah bosen makan roti gandum mulu, heheheh), scrambled egg (enaakkk banget, kayaknya margarinenya banyak deh, jadi gurih banget. Huhuhu, nambah asupan lemak dah), kacang merah dimasak pake saus tomat (uh, nyum nyum), marmalade, sama butter. Yawda, gue ambil roti, butter, scrambled egg, sama kacang merah. Minumnya ada teh tarik sama kopi, ya jelas gue milih teh tarik lah yaa orang gue lagi high blood tension gini, eheheheh. Nah, pas makan ini gue bingung mau duduk di mana, soalnya mostly tu orang iran (just imagine, pesertanya ada 65 orang, 2 orang indo, 1 orang cina, 2 orang jordania, 3 orang iraq, 3 orang sudan, SISANYA orang iran semuanya!), jadinya mereka udah ngelompok sendiri gitu, kan gak enak kalo gue interupsi. Untungnya gue ketemu sama orang dari Cina yang emang sendirian, jadinya gue diajak duduk sama dia deh. Trus abis itu kita kenalan, namanya Qi Xiao Jing, ambil master di bidang bioscience. Asiik, lumayan deh nambah satu kenalan. Dari dia gue jadi tau kalo nama paling depan dari nama orang cina itu ternyata nama keluarga. Contohnya kayak si Qi Xiao Jing ini, nama keluarganya Qi, namanya dia Xiao Jing, jadi kita boleh manggil dia cuma pake nama Xiao Jing doang. Oooh gitu... gue baru tau, jadi jangan protes yah, ihihii..
trus abis makan kita ke great hall, tempatnya acaranya mulai. Nah di sana gue baru tau kalo ternyata ada orang Indonesia ambil master of chemistry, namanya Mbak Winda. Ahahaha, jadilah kita berdua langsung kompak. Lha wong ternyata dia orangnya gila asli, sama kayak gue, bagooos bagoos...
Nahh... acaranya mulai kan.... sekitar jam 8.30 gitu. Acara pertama tuh perkenalan tentang international office. Ternyata jadi international student tuh enak ya, semuanya serba diurusin sama int'l officenya, dari urusan visa sampe paspor, jadinya kita cuma perlu bolak-balik int'l office aja, gak perlu ke kantor imigrasi yang nun jauh di KL sana, ehehehe... sempet kepikiran juga nih, kalo pulang ke indonesia gak ada yang ngurusin kayak gini gue gimana yah...
Trus abis perkenalan, kita ada games gitu. Ini nih yang paling asik. Games pertama tuh namanya 'ALPHABETING YOUR NAMES', jadi cewek sama cowok itu dipisah, trus kita disuruh mengurutkan diri dalam satu line gitu berdasarkan abjad nama, jadi kalo misalnya ada Ali, Bitan, sama Caca, ya yang di baris paling depan si Ali, Bitan, baru Caca, gitu... nah, yang cewek-cewek itu saingan sama yang cowok, siapa yang paling cepet ntar menang. Ya jelas yang cewek dong yang menang, orang ceweknya dikit banget kok, ahahaha
Trus kita ke game kedua, namanya 'GET-ACQUAINTED-BINGO', jadi kita semua dibagiin kertas yang isinya ada 15 kotak, tiap kotak ada tulisannya, misalnya 'taller than you', 'is married', 'studying for PhD' gitu, nah kita disuruh ngisi tiap kotak itu dengan nama-nama yang berbeda dan sesuai kualifikasi yang ada di tiap kotak itu. Jadi, misalnya gue cari orang yang udah merit, trus ntar gue tulis namanya di kotak yang tulisannya 'is married' gitu, seterusnya sampe selese. Eh, tau-tau gitu kan ada cowok dari Iran, tingggggiiiii banget (plus cakeeeep dan kereeeen banget, eheheheh, sumpah kayak model!) namanya Parham, tau-tau nyamperin gue trus ngomong "you can write my name here" gitu sambil nunjuk kotak yang tulisannya 'taller than you' gitu. Pertamanya gue udah rada gonduk aja, sial lo mentang-mentang tinggi gue cuma setengah badan lo, ahahaha. Tapi gara-gara abis itu dia senyum sama gue, trus guenya jadi nyadar kalo dia gak maksud buat ngehina gue dan gue juga baru nyadar kalo...... DIA CAKEP BANGET! Uhuhuhuuu.... idup mas Parhaaamm.... jadi tambah semangat deh ikut NISWPnya, ehehehe
Trus akhirnya kita ke acara selanjutnya. Rada boring juga sih, soalnya isinya cuma presentasi doang, jadi akunya juga bosen, udah sempet mau tidur juga, ehehehe..... jadi abis acara presentasi tentang Malaysian Culture, tau nggak kita ngapain? Kita NYANYI! Uhuhuhuu... bayangkan sodara-sodara, seorang putri kok nyanyi.... dan gue nyanyi bareng orang-orang yang suaranya sejenis pula sama guee.... masih untuung itu hall gak rubuh, ahahaha.... jadi kita semua disuruh nyanyi lagu kebangsaannya international office, dan gawatnya setelah gue baca jadwal, ternyata selama tiga hari ini kita disuruh nyanyi itu lagu terus, moso olooohh... kuat banget yaa itu hall, ahahaa
Abis nyanyi, langsung deh ke acara yang paling gue cinta : makan siaaaaang. Dan ternyata menunya lumayan enak meskipun aku nggak tau namanya. Jadi ada nasi kuning, ayam dimasak sambel, daging yang dimasak sampe item gitu, tapi rasanya manis, sama gulai sayuran gitu. Kalo buat gue sih enak-enak aja ya, orang gue itu kan pemakan segala, dikasih makanan apa aja ayo. Tapi kasian lho ternyata orang-orang Iran itu, ternyata mereka gak kebiasa makan makanan yang pedes dan berbumbu rich, jadi mereka enggak makan nasi deh, cuma makan buah doang. Yang cerita sama gue namanya Narjs (gak usah bingung, gue aja bingung gimana bacanya, ehehehe... oyah, dia pecinta berat Celine Dion loh... dan dia wajib dengerin lagu Celine Dion sebelum makan, yang berarti dia minimal denger lagunya celine dion tiga kali sehari, ahahaha) sama Manizheh (gila loh ni cewek, umurnya baru 30 tapi udah ambil PhD... kayaknya dia calon PhD termuda deh dari orang-orang yang ikut NISWP ini).
Abis makan, acaranya lanjut presentasi tentang visa gitu, pokoknya about staying legally in malaysia. Trus dilanjutin presentasi tentang security in campus and off campus. Pas presentasi ini gue baru tau kalo ternyata orang-orang Iran itu idupnya high-standard banget. Bayangin aja, gue aja udah bersyukur banget di college gue itu ada dua orang security yang jaga jalan masuk ke college plus satu orang security yang suka jalan muter patroli college, udah gitu struktur bangunan college gue itu menurut gue bagus karena gak memungkinkan orang untuk dengan gampang masuk lewat jendela, jadi kesimpulannya ya aman-aman aja ya. Ehh... orang-orang Iran itu protes. Mereka bilang harusnya security itu jaga di depan tiap pintu kamar, kalo gak memungkinkan ya minimal di tiap lorong-lah. Gile aja lo, sewa bodyguard aja kaleee, ehehehe. Udah gitu mereka bilang mereka gak suka lantai collegenya, soalnya kan cuma dari semen gitu, gak ada keramiknya. Kalo gue lebih suka semen gini tuh, soalnya semen itu kan menyerap air, jadi kalo misalnya abis keluar dari luar dan ujan, gue gak perlu takut lantai kamar gue jadi becek gitu, kan kalo udah kering tinggak disapu aja kotorannya, gitu kan. Wealahh... kalo pengen standard tinggi ya jangan tinggal di college lah ya... orang cuma 470 ringgit satu semester... udah lumayan itu dapetnya bagus gini....
Nahh... abis presentasi-presentasi yang ngebosenin ini, kita ada light refreshment. Sempet bingung juga, apaan ya ini light refreshment. Ternyata sodara-sodara, light refreshment itu snack time! Uhuhuhuu... makan lagi makan lagi... gendut lah gue tiga hari kalo begini mulu... mana gratisan semua lagi, ahahaha... yang seneng jelas para Iranians itu, lha wong snacknya kan biskuit Tiger Susu sama Shortea gitu, manis-manis smua, apalagi kan mereka gak makan siang. Kalo gue sih bawa pulang aja satu bungkus shortea sama satu bungkus Tiger Susu, soalnya tiger susu itu kan sebenernya biskuat susu, dan shortea itu persis biskuat energi, dan gue gak suka dua jenis biskuit itu. Ya udah, akhirnya gue kasih aja ke Mbak Gita, untungnya dia suka, jadinya kan gak mubazir, ehehehe. Ya udah, abis itu gue pulang deh....
Day 2 :
Gue baru dijemput bisnya jam 8.00, hehehehe, lumayaaan, kan gak perlu bangun pagi banget gitu. Oyah, gue kan di sini biasa bangun jam enam (dan itu termasuk rajin sodara-sodara, karena biasanya di sini matahari terbit sekitar jam 7.30... silakan tebak ini jam berapa di indonesia, hehehe. Bego amad yaak  pertanyaannya), jadinya karena dijemput jam 8 dan gue gak perlu sarapan karena sarapannya pas di tempat acara, ya udah gue malah.... NYUCI! Hohohoho, jangan salah, di sini gue malah rajin nyuci lho... lha wong cuma dua stel baju tiap hari, gak berat tuh. Kadang dua puluh menit udah selese. Ya udahlah gue nyuci tiap hari aja, padahal awalnya gue malah maunya kayak Ipeh gitu, nyuci tiap tiga hari sekali, tapi gue mikir aja, kalo numpuk gitu kan bawaannya ntar males, toh dua stel gak berat banget, ya udah nyuci tiap hari aja.
Trus, sampe di sana, gue sarapan spaghetti sodara-sodara.... padahal sebenernya gue gak begitu kebiasa makan besar buat sarapan, soalnya di sini gue biasanya sarapan pake roti isi krim blueberry sama susu sereal nesvita (kalo yang ini wajib'ain!), tapi ya udahlah, namanya gratisan kudu dimanfaatkan, ahahaha.
Trusss... unfortunately hari ini gak semenarik hari kemarin, soalnya isinya kebanyakan presentasi. Udah gitu gue patah hati gara-gara baru tau kalo si Parham ituuu ..... (nah loooh, silakan nebak sendiri, eheheheh), ya udah jadinya gue rada gak semangat gitu. Acaranya tuh presentasi tentang university health center (gue udah pernah ke sana, makanya gue gak begitu semangat, soalnya yang diterangin di situ gue udah tau semua), IT facilities for students (ini rada bikin semangat, soalnya dikasitauin kalo di college bakal dipasangin wifi, which means internetnya bakal makin ngebut, booohooo, i luv it!!), travelling on the university bus (duu, yang ngasi presentasi bosenin banget, udah nyaris tidur aja gue kalo gue gak minta mbak winda ngajakin gue ngomong, ahahaha), UPMISA (UPM International Students Association, semua intl students wajib ikut. Hmm... kalo ini gue sih rada semangat, soalnya dikasitau kalo activitiesnya banyak, gue emang lagi pengen cari banyak activities biar gak homesick, ahaha), abis itu kita istirahat buat lunch break. Makanan hari ini, humm.... let's see... ada nasi briyani sama kayak semacam semur daging tapi agak pedes dan kuahnya kentel, salad, sama buah gitu. Buahnya melon sama jeruk sunkist. Pertamanya udah tertarik gitu sama jeruk sunkistnya, tapi rasanya kecuuuuuutttt gilaaaa, untung cuma ambil dikit, ehehehe. Akhirnya malah jeruknya dimakan sama mbak winda. Trus abis lunch kita maen ke Sultan Abdul Samad Library, main librarynya UPM. Kesan pertama gue, wuuuh... keren banget. Kalo mau masuk, harus scan matric card (kalo gue belom nerangin, ini kartu pelajarnya UPM, kartu sakti istilahnya, soalnya kalo gak pake ini kartu, kita gak boleh masuk ke mana-mana, naik bus pun harus nunjukin kartu ini, kalo gak ya gak boleh naik. Untungnya gue dikasih matric card sementara, jadinya bisa gue pake.), trus kalo mau ngembaliin buku pun bisa cuma dimsukin kayak mesin khusus gitu dan letaknya di luar library, jadi kalo keburu-buru dan gak sempet masuk buat ngembaliin, masukin aja ke mesin itu, ntar mesinnya langsung nge-scan buku itu dan ngeluarin receipt kayak bukti kalo kita udah ngembaliin buku itu. Library-nya ada empat lantai yang super luas, mesin fax buat students, mesin fotocopy buat students, mesin minuman kaleng (yah, altho di depan college gue juga ada sih, ehehe), sama mesin cetak foto yang kayak Kodak yang ada di MPhoto Studio itu lho... lumayan lengkap yah, oya trus kalo misalnya kita mau cari suatu buku yang enggak ada di situ, kita tinggal minta aja sama liaison librarian kita (liaison librarian itu librarian yang ngurusin faculty tertentu, misalnya liaison librarian gue tuh Miss Erni, yang khusus ngurusin Food Science, jadi kita gak perlu nyari buku sendiri kalo bingung buku apa yang cocok buat bikin laporan kita misalnya, kita tinggal ngomong aja sama liaison librarian kita kira-kira materi ato articles kayak apa yang kita perluin, ntar mereka ngasih rekomendasi buat kita. Asik kan!), ntar mereka ngajuin ke library buat beli buku itu, ato nyaranin buat pinjem di perpus univ lain, of course sebelomnya mereka dulu dong yang nelponin univ lain untuk konfirmasi dan ngasitau ke mereka kalo kita mao pinjem buku di sana. Oke jugalah.... i think i love this library, soalnya environmentnya juga mendukung banget. Ada wifinya dan mereka nyediain sekitar 30 komputer kalo mau internetan gratis, tapi dibatasin waktunya 2 jam aja. Tapi komputer2 ini gak pernah penuh lho, soalnya kebanyakan pada pake laptop sih.
Trus.... abis itu ada light refreshment lagii.... hihihi, kalo masalah makanan aja ya semangat. Menunya hari ini ada mini sandwich (isinya keju, butter, daging ayam rebus, mayones, sama timun. Nyumnyuum) sama pastel yang isinya kayak sambel goreng daging kentang, tapi gak pedes. Pokoknya enak dehh... uhuhuuu.... tambah gendut akuu... oyah, trus pas light refreshment ini gue diajak ngobrol sama Miss Erni, liaison librarian gue, ternyata orangnya baeeekkk banget, ramah lagi murah senyum, trus dia udah nawarin gitu, kalo misalnya perlu bantuan tentang reference book langsung cari saya aja, ntar saya bantu.... wuaa... asiiikk... kebetulan gue emang rada bego kalo soal nyari reference book, biasanya pinjemnya buku ini, ehh ternyata yang gue cari gak ada, hehehe
Abis itu kita langsung dianterin pulang ke college masing-masing, buuuhh capek euy, ehehehe
Day 3 :
Gue gak dijemput sama bus gue!!! Gue kan nunggu sampai jam 8.30 gitu, kok busnya gak dateng juga, padahal jam 9 acaranya udah mulai, which means gue bakal melewatkan breakfast gue, jelas gue gak mau dong, ahahaha. Akhirnya gue naik bus college gue, k17, meskipun gue mikir juga soalnya itu bus enggak lewat di depan faculty itu, jadi gue kudu jalan. Tapi nggak apa-apalah, yang penting nyampe. Dan later on gue baru tau ternyata busnya jemput gue ke college jam 9an, soalnya sempet ada masalah waktu jemput para penghuni di Mines Apartment, ya udahlahh... untungnya mereka gak marah, malah minta maaf ma gue. Tau nggak kenapa gue maksa diri kudu dateng? Soalnya buat participants yang attendancenya 100% bakal dikasih gift, ahahaha... dasaaaarrr manusia, hobinya ngambilin gratisan, ahahaha. Ya udah, gue naek k17 deh, dan untungnya busnya sepi, cuma ada gue sama mbak-mbak yang mau ke faculty of veterinary, jadi pas mbaknya turun, gue ngomong sama bapaknya yang nyupir, saya mau ke faculty ini, tapi kalo saya mau diturunin di jalan ini juga gak pa-pa, gue ngomong gitu sambil nunjuk jalan yang dilewatin bus k17 dan paling deket sama faculty of modern language, ehhh... ternyata bapaknya baek, dia bilang gini, saya turunin aja di depan facultynya enggak apa-apa kok, toh ini juga udah gak ada yang naek, wuaaaa... gue langsung makasih-makasih gitu sama ini bapak, baek sekaleee.... alhamdulillaaah gue di sini ketemunya sama orang baek mulu, ehehehe
Gue akhirnya nyampe di sana jam 8.45, lumayan masih ada waktu 15 menit, gue langsung ngembat dua potong pizza buat sarapan gue sama minum teh tarik satu gelas, passss banget gue selesenya, trus gue langsung masuk hall deh. Presentasi pertama tentang money matters, dan dari presentasi ini gue baru tau gue harus buka account CIMB Bank dan mulai semester dua gue harus bayar uang kuliah gue lewat internet banking atau ATMnya CIMB... yah lumayanlah, CIMB kan satu perusahaan gitu sama Bank Niaga, dan kebetulan banget bokap gue punya account Bank Niaga, ahahaha.... alhamdulillaaah lebih gampang dan potongannya nggak banyak kalo mau kirim duit
Truss... tentang university regulations gitu deh, gue males juga ngedengerin ini, soalnya yang dibahas tentang university regulations buat graduate students, dan karena gue sendiri yang undergraduate jadi gue kudu nurut, uhuhuhuu.... katanya kalo gue mau tau soal university regulations buat undergraduate ntar tanya ke academic division aja.... yah, karena gue ngerasa ngapain ngedengerin, ya udah gue tidur aja deh, ahahaha... beneran loh, gue tidur! Lumayanlah dapet 15 menitan, sisanya merem-merem aja. Trus abis presentasi ini, acaranya - ini yang gue tunggu-tunggu - exclusive gift presentation. Untungnya attendance gue kan 100%, jadi gue dapet juga deh, ahahaha.... lumayan lho hadiahnya, ada handuk kecil gitu, bookmark dari kain bordiran gitu, sama gantungan kunci dari perunggu tulisannya UPM gitu, wuaahh... lumayaan, kirain hadiahnya cuma bolpen cantik doang, ahahaha
Abis acara ini, trus lunch deh. Makanannya hari ini sup bening gitu, nasi kuning, sama ayam goreng, enyaak enyak.... buahnya semangka sama melon, wah lumayan favorit gue semua tuh, makanya gue ambil banyak, ehehehe... lumayanlaah buat menambah asupan serat...
Abis lunch, trus kita semua tour keliling UPM sama keliling Putrajaya. Yang asik tuh keliling Putrajaya-nya itu, soalnya Putrajaya itu kan wilayah pemerintahannya Malaysia, dan bangunan ministry-ministry-nya tuh bagus baguuuuussss banget, masjid Putrajaya-nya juga baguuusss banget, sayangnya foto-fotonya masih ada di int'l office, ntar kalo gue udah dapet ntar gue uplod di sini deh, hehehe
Abis ituu.... pulang deh. Oya, pas di depan masjid Putrajaya gue dikenalin sama cowok dari Myanmar, namanya Thura. Dia dikenalin sama gue karena di undergraduate (tapi ambilnya bachelor of computer science), sama-sama tinggal di block C college 17, trus dia baru dateng semalem dan belom tau siapa-siapa, jadinya yang nemenin dia gue sama mbak winda deh.... lumayanlah dapet temen baru lagi, ehehehe

Hmmm.... 3 tiring days, but i really enjoyed it a lot. Apalagi makanan-makanannya, ahahaha.... pokoknya New International Students Welcoming Program : mau lagi dooong, ahahaha
NB : Gue sama Mbak Winda daftar free aerobic class di int'l office tiap Rabu lho, huahahaha.... asiiik ada peningkatan iduup, ahahaha

0 comments:

Post a Comment