Pages

SiNeTRoN dAn KaCaMaTa : gA uSa TaNya aPa HubuNgaNNya, DihUbuNg2iN aJa!

Again, gue mau bahas karyanya Deddy Mizwar *heran heran, kok bisa yah ada orang sekreatif itu?* yang bikin gue jadi lumayan suka nonton sinetron, tapi cuma ini doang juga sih.
Sinetron Para Pencari Tuhan.
Menurut gue sih, selain sinetron ini lucuuuuuuu banget, sinetron ini juga satu-satunya sinetron yang menurut gue paling masuk akal dan paling manusiawi.
Kenapa gue bilang manusiawi?
Karena gini.... kalo kita liat di sinetron-sinetron lain, pasti kan ada tokoh yang antagonis banget atau protagonis banget. Gue mikir aja, orang yang antagonis banget mungkin ada ya, namanya juga godaan setan udah semakin merajalela, tapi kalo protagonis banget, kok gue rasa gak mungkin yah, soalnya menurut gue sih setiap orang itu ada sisi baek dan nggaknya. Maksud gue, misalnya, orang paling baek pun masa' sih gak pernah mengeluh sekaliii aja dalam idupnya? Atao tiba-tiba ngerasa kesal terhadap sesuatu yang udah melebihi batas meskipun nggak diungkapin dan mereka berusaha untuk ngilangin perasaan kesal itu?
Nah, di sinetron ini tuh gue gak liat hal kayak gitu. Gak ada tokoh yang 'sempurna' jahat maupun baeknya, kedua sifat itu tuh digambarkan dengan kadar yang pas dan manusiawi banget, bahkan seorang ustadz pun gak selamanya sempurna, jadi maksud gue toh dia pernah ngerasa kesal juga. Padahal kalo di sinetron-sinetron yang kayak siksa kubur gitu kan selalu digambarin kalo ustadz itu selalu sempurna dan punya kekuatan gaib. Menurut gue itu nonsense banget. Emangnya ustadz itu ghostbuster? Ya enggak kan. Emang ada sih ustadz yang juga punya kekuatan kayak gitu, tapi ya kan nggak semua, sementara kalo gue ngeliatnya di sinetron kayak gitu tuh SEMUA ustadz itu kayak gitu, dan kalo orang-orang ngedatengin ustadz itu udah kayak ngedatengin dukun. Bukannya minta saran tentang agama, konsultasi agama, belajar Qur'an, ato gimana, tapi malah minta ngilangin setan dari orang yang kesurupan. Ini kan udah melenceng dari konteks real di kehidupan nyata. Ya nggak?
Selaen itu, di sinetron ini tuh juga banyak pesan-pesan kecil yang diungkapin dengan cara humor, jadinya kok kalo menurut gue malah lebih membekas di hati yah. Misalnya, kayak waktu Juki, Chelsea, Barong, sama Udin enak-enakan makan sahur di rumahnya Ustadz Ferry, eh Bang Jack cuma minum aer doang, trus Juki, Chelsea, sama Barong ngrasa gak enak trus akhirnya minta maaf sambil nangis sama Bang Jack. Jadi, ini kayak ngingetin kita untuk mikirin orang lain juga, gak diri sendiri aja. Mungkin kalo gue nulisnya di sini kesannya kayak sinetron biasa ya, tapi kalo ditonton, adegan ini di sinetron ini tuh manusiawi banget.
Yah, jadi menurut gue sih, sinetron ini emang worth to watch. Kalo gak sempet nonton yang pas sahur gara-gara ketinggalan banyak episode, nonton aja yang jam enam sore, baru episode tiga kok. Gue sendiri jarang banget nonton yang pas sahur, ya kan gue gak pernah nonton tipi sambil sahur, udah gitu biasanya abis sholat gue langsung tidur lagi. Ya udah deh nontonnya juga kadang-kadang aja pas gak ngantuk, jadinya lumayan banget nih kalo ada yang jam enam sore.
Terus apa hubungannya ama kacamata?
Enggak sih, gue cuma pengen cerita, gagang kacamata gue patah nih.... huhuhu, gak patah sih sebenernya, cuma copot dari murnya. Mungkin emang udah soak kali ya, soalnya kemaren-kemaren tuh kacamata emang udah agak kendor gitu sih murnya, mungkin hari ini murnya udah gak kuat. Kesian.
Tapi kacamata ini lumayan singkat umurnya. Cuma enam bulan doang. Beda sama kacamata gue sebelom ini. Umurnya udah tiga tahun, sampe sekarang juga masih bagus.
Yah, mungkin gara-gara kacamata gue ini juga gak begitu diridhoi kali ya bo. Soalnya bokap sebenernya gak begitu seneng sama modelnya, sodara-sodara gue yang laen juga bilang aneh. Sementara waktu gue pake kacamata yang frame-nya item yang lama itu semuanya pada suka, makanya mungkin tahan lama karena itu kali ya, hehehe.
Hiks, bye bye kacamata putihkuuu...
Iye iye, gak ada hubungannya emang antara sinetron sama kacamata gue. Dihubung-hubungin aja deh, hehehe

NB: Gue udah sembuh lho.... bener kata damara, kalo gak digaruk emang gak ada bekasnya... cuma ada dua biji nih yang kayaknya bakalan mbekas, soalnya dua biji ini keluar duluan pas gue sebelum sakit panas, makanya gue gak kepikiran kalo ini bentolan cacar, gue malah mikirnya ini bentolan gara-gara digigit serangga, makanya gue garukin, gatel sih, ya mbekas deh, hehehe.... yawdalah, yang penting udah sembuh, Alhamdulillah. Gue udah puasa lagi lho, hehehe.

0 comments:

Post a Comment