Pages

oNe tHiNg dAT buRdeNs Me sOw mUch

Hmmm..... kenapa ya..... kok gue sekarang ngerasa kalo berada di kelas gue tuh rasanya beraaaaaatttt........ banget. Selaen anak2nya pinter2 dan menonjol, gue n temen2 tuh bentar lagi ngadepin ujian internasional yang namanya IGCSE...... nah ini nih yang membebani gue paling berat sekarang..... masalahnya, gue belum ngerasa kalo gue siap.... gue sama sekali belum baca buku kimia, padahal aku ambil pelajaran kimia... gue bingung banget. Awalnya c gue nganggep ini enteng2 aja. Maksud gue, toh ini kan bukan UAN gitu. Tapi lama2 melihat pihak sekolah gue yang semakin menekan gue n temen2 gue kalo kita sebagai generasi pertama di Jogja tuh harus nunjukin yang terbaik, trus sekarang gue dan temen2 diperlakukan sama kayak kelas tiga yang dikasih soal2 latihan ujian setiap awal dan akhir minggu dan tiap hari harus nyampe sekolah jam stengah tujuh, gue jadi ngerasa kalo ini tuh bener2 "battle of war"......
Kadang gue ngerasa iri sama temen2 gue dari kelas laen..... mereka kayaknya bisa nyaman banget menikmati masa2 kelas sebelas mereka. Lah kita?? Kelas sepuluh harus berjuang keras supaya tetap berada di kelas IPA--karena kalo nggak di kelas IPA,kita terancam dikeluarin dari kelas ini, gara2 belom ada jurusan IPS-nya... kelas sebelas harus nyiapin buat ujian IGCSE. Baru menarik nafas lega sebentar abis ujian, harus ngejalanin ulangan umum gara2 ujian ini di luar kurikulum nasional.Udah kelar ulangan umum, eeehh.... kelas tiga. Masya Allah.... kapan istirahatnya yah???
Ibaratnya tuh kita abis bebas sebentar keluar dari kandang, harus masuk lagi, padahal kita belum puas ngehirup udara bebas..... meskipun di kandang kita dikasih makan (makan soal2... wueekkss!!), tetep aja kita ngerasa tertekan karena kita harus terus berbuat manis ama 'majikan' kita dan nggak bandel, meskipun sebenernya hal itu emang buat kebaikan kita......
Pas gue bilang analogi itu sama temen2 gue, mereka yang ikutan sebel malah nanggepin, "Kalo gitu kan mendingan kita nggak usah keluar kandang aja sekalian!!" dasar......
Masalahnya selama kita berada di kelas ini tuh, kita ngerasa bahwa sebagai generasi pertama tuh kita emang dituntut untuk jadi pioneer yang baik, yah kata guru2 sih minimal kayak generasi pertamanya aksel SMA1-laahh.... dan yang bikin tambah tertekan lagi, kata mereka anak2 aksel angkatan pertama tuh benar2 belajar keras untuk itu..... dan mereka bilang kalo kita belum menunjukkan kerja keras itu......
Kayaknya adek kelas gue sebagai generasi kedua nggak sesusah itu deh..... meraka udah lebih well-prepared. Mereka udah tau dari awal kalo tujuan mereka tuh IGCSE untuk Cambridge jadi udah disiapin dari awal.... Lah waktu gue masih kelas sepuluh kemaren malah dikasih bahan A-Level.... pantesan nilai matematika gue lima-enem semua gitu..... masih kelas sepuluh sih....
Gue c berharapnya adek kelas gue ini lebih baek dari angkatan gue, karena tanpa disadari mereka tuh bakal dibanding2kan sama banyak pihak. Sama angkatan atasnya alias angkatan gue, sama skolah2 lain yang membuka program yang sama.......
Tapi gue bisa ngeliat kalo adek kelas gue nih so much better dibanding angkatan gue, karena setau gue anak yang paling ndugal pun punya kesadaran atas posisi mereka sebagai anak2 yang "berjuang lebih keras". Selaen itu, mereka lebih kompak dibanding kelas gue. Yah.... mungkin mereka sadar kalo sekolah emang menaruh harapan yang besar.....
Doakan kita bisa, ya......

0 comments:

Post a Comment