Pages

brownies kukus lapis keju dan chocolate fudge bikinan sendiriii, nyahahaha

gw gak tau kenapa, akhir-akhir ini gw obsessed banget sama yang namanya blueberry dan brownies. Bukan gw penasaran pengen nyobanya, tapi gw justru penasaran pengen BIKINnya. Yup, gw pengen banget bisa bikin brownies yang bener-bener fudgy, chewy, en kerasa coklat banget gitu, which means itu brownies kudu berasa bantet tapi engga super bantet, gyahahaha. Jadiii, kalo misalnya nanti gw bikin brownies, patokan gw tuh kalo untuk brownies panggang ya moga-moga bisa kayak browniesnya dunkin donuts, trus kalo untuk brownies kukus minimal bisa sama kayak brownies kukusnya Mirota *soalnya kalo mau kayak Amanda kayaknya kejauhan, hohoho*. Sama blueberry juga. Gw suka create macem-macem pake blueberry, paling simpel ya jelas makan roti tawar pake selai blueberry, lebih enak lagi kalo trus ditambah keju, hehehe. Brownies kukus blueberry bikinannya tante gw juga mantab banget lho, hehehe.
Truss, dua hari lalu kan gw iseng-iseng browsing resep, trus tiba-tiba gw nemuin resep brownies kukus yang gampang en kayaknya dari fotonya tuh enak banget. Akhirnya gw copy itu resep, trus gw modif-modif sendiri. Jadi, dengan tekad bulat dan kemantapan hati, kemaren gw belanja bahan-bahan buat brownies kukus modif-an gw ini. Emak gw juga semangat banget buat cari-cari bahannya, sampe-sampe kita ngabisin waktu lama di bagian cokelat masak, gara-gara kita bingung milih antara make coklat masak biasa, coklat masak putih, choco chips, ato cokelat putih yang ada rasa strawberry-nya. Akhirnya kita mutusin untuk pake chocolate chips aja, soalnya niru-niru Nigella Lawson yang pake choco chips buat pengganti coklat masak biar gak repot-repot chopping, hueheheh *ni orang masak sebenernya niat apa kagak ya, wakkaak*
Oyahh, mau liat fotonya nggak? Ini nihh..

Kalo resepnya, boleh lho...
BROWNIES KUKUS LAPIS KEJU
100 gram mentega
90 gram chocolate chips
6 kuning telur
4 putih telur
200 gram gula pasir halus
60 gram terigu
50 gram keju parut
45 gram chocolate chips untuk taburan
1. Lelehkan mentega, masukkan chocolate chips, aduk hingga coklat sepenuhnya meleleh, diamkan sampai agak mendingin.
2. Kocok telur dan gula dengan mixer kecepatan sedang hingga mengembang, kira-kira sepuluh menit
3. Ayak tepung terigu sambil diaduk rata *ngaduknya pake spatula aja, jangan pake mixer! Soalnya emak gw ngusulin buat dimixer karena adonannya udah keliatan 'turun', ehh malah makin 'turun'! Final result : agak terlalu bantat, hhuhuu*
4. Masukkan campuran mentega, aduk rata.
5. Oles kertas roti dengan margarine, alaskan di sebuah loyang persegi, masukkan separuh adonan, kukus selama 10 menit.
6. Taburi keju, kukus lagi selama sepuluh menit.
7. Tuang sisa adonan, kukus lima menit.
8. Taburi chocolate chips, kukus lagi sepuluh menit.
Jadi deh! Tunggu dingin, terus potong-potong.
Meskipun agak bantat untuk ukuran brownies kukus, ternyata rasanya enak lho.. kalo gw sih lebih suka sama brownies kukus yang rasanya manis kayak gini, soalnya kalo brownies kukusnya Mirota kan agak pahit karena pakai dark chocolate. Tapi mungkin someday kalo kepengen rasa cokelat yang lebih mantap ya mungkin pake yang dark aja kali ya, hehehe.
Oya, resep ini juga bisa dimodif kayak gini... jadi setelah adonannya jadi, tuang separuh adonan ke dalam cetakan persegi, kukus selama 20 menit sampai matang, angkat. Lakukan hal yang sama buat separuh adonan lagi. Terus, oles selai blueberry di atas permukaan salah satu brownies, tutup dengan satu brownies lagi. Jadi deh BROWNIES KUKUS BLUEBERRY. Ya jelas gak usah pake keju, hehehe. Kalo engga, pas ngoles selai blueberry itu, taburin keju parut. Jadi BLUEBERRY CHEESE BROWNIES deh. Nyum nyuum. Tapi insyaAllah besok senen mau coba bikin lagi, soalnya emak gw masih penasaran sama bantetnya itu adonan, jadi pas dicampurin tepung mau diaduk pake spatula aja, hehehe.
Oyah, dua minggu lalu gw juga bikin chocolate fudge, soalnya ngabisin sisa coklat masaknya adek gw yang dia pake buat acara masak di sekolahnya. Resep dasarnya sih, seperti biasa dari mbak Nigella Lawson, tapi isinya aku modif sendiri, hehehe. Enak sih kalo menurut gw, asal jangan banyak-banyak makannya, ntar eneg, soalnya manis banget, hehehe. Namanya juga chocolate fudge. Kalo mau resepnya, monggo...
BISCUIT HONEY PEANUT CHOCOLATE FUDGE
200 gram milk cooking chocolate, cincang atau potong kecil-kecil.
2 sendok makan unsalted butter
5 sachet susu kental manis putih *kalo pengen coklatnya lebih berasa, ya pake yang coklat aja, secara waktu itu di rumah gw cuma ada persediaan yang putih, hehehe*
10 keping biskuit marie, masukkan dalam kantong plastik, pukul-pukul dengan roller sampai kepotong-potong aja, gak usah sampai hancur jadi bubuk gitu*
45 gram honey roasted peanut
1. Masukkan cokelat, susu kental manis, butter dalam satu panci, nyalakan api kecil, aduk sampai cokelat leleh dan tercampur.
2. Matikan api, masukkan biskuit dan kacang, aduk rata.
3. Tuang adonan dalam cetakan persegi yang udah dialasin kertas roti yang dioles mentega, dinginkan dalam kulkas kira-kira dua jam *ato kalo udah males nunggu, taruh aja di freezer, hehehe*
4. Potong-potong, udah deh!
Selamat bercoklat-coklat ria, kasi tau gw kalo hasilnya nyummy ya! Ato kalo nemu modif yang laen lagi, boleh ngabar-ngabarin loh, hehehe.

0 comments:

Post a Comment