Pages

NaGaboNaR (jaDi) 2 : HARUS MENANG AWARD!!

Gila bener ya nih film. Banyak banget yang bilang kalo ni film bagus banget, wajib nonton, bikin sakit perut, patriotis, dan banyak lagi komentar laennya... masalahnya gue belum sempet nonton Nagabonar di bioskop, yah kan waktu itu gue masih jaman-jamannya ujian, jadinya gue gak bisa nonton di bioskop deehh (hayah, bilang aja lo gak berani nonton di bioskop gara2 isu jarum, Boom! Pake alasan sibuk ujian lagi, beuuuhh... heheheh)... nah, karena baru sekarang2 ini nganggurnya, jadi ya akhirnya gue mutusin buat pinjem filmnya di rentalan film deket rumah gue.
Eh, ternyata meminjam film inipun butuh perjuangan! Tau nggak, gue sampe EMPAT HARI bolak-balik ke rentalan deket rumah gue itu, hanya untuk ngejer si nagabonar! Padahal rentalan itu punya dua filmnya, tapi kok ya dua-duanya dipinjem gitu. Heran gue, kok ya sampe empat hari dipinjem terus, padahal film ini termasuk kategori film baru yang harus dikembaliin dalam sehari. Klo nggak, bakalan didenda. Gara-gara inilah, gue makin yakin kalo film ini emang pantes gue pinjem.
Akhirnya, hari kelima, gue rela-relain tuh pergi ke rentalan, padahal gue baru mulai pilek, yang berarti badan gue rasanya meriang dan hidung gue meler terus. Tapi demi si nagabonar, gue mah hajar terus deh. Alhamdulillaaaaahh.... Allah emang tau kalo hamba-Nya lagi susah, akhirnya gue berhasil deh pinjem tuh film. Dan tau nggak, gue berhasil pinjem ni film waktu malam tujuhbelasan, nah pas banget kan momennya? Heheheh...
Akhirnya, gue nonton bertiga deh sama nyokap sama adek gue, soalnya bokap gue pergi ke malam tirakatan di komplek gue. Tapi adek gue juga nggak bertahan lama tuh, soalnya akhirnya dia ketiduran, jadinya tinggal gue sama nyokap deh yang nonton sampe selese.
Kesimpulannya? CAMPUR ADUK! KEREN BANGET! WAJIB NONTON DAN HARUS MENANG AWARD! Ada adegan yang bikin gue ketawa ngakak sampe sakit perut, ada juga waktu gue pengen banget nangis, tapi enggak sampe nangis sih, cuma matanya nyokap udah berkaca-kaca tuh, hehehe.
Nih beberapa adegan yang gue suka :
1. Waktu masih pertengahan pertama film, waktu Nagabonar berantem sama Bonaga gara-gara Bonaga ngejual makam keluarganya. Bonaga teriak-teriak dari luar kamar, sementara Nagabonar nangis di dalam kamarnya,
Bonaga : "Aku ini anak Bapak, kalau bapak marah sama aku, aku terima! Bapak marah sama anaknya, wajarlah itu! Sebagai anak, aku terima, Pak!"
Nagabonar: " Kau bukan anakku!"
Bonaga  : ""Apa!? Lalu aku ini anak siapa!?"
GUBRAK!!!
Ngerti kan maksudnya?
2. Waktu Nagabonar ada di depan patung Sudirman dan dia bilang, "Jendral! Turunkan tanganmu! Apa yang kau hormati siang dan malam itu? Apa karena mereka yang di depanmu itu memakai roda empat? Bah! Tidak smeua dari mereka pantas kau hormati! Turunkan tanganmu, Jendral!" sumpaaaaahh.... Deddy Mizwar oke bangeeeettt.... dialognya makjleb banget kan, apalagi gue nontonnya pas malam tujuh belasan gitu. Mana backsoundnya lagu Padamu Negeri lagi. Wuuh mantab!
3. Waktu adegan Bonaga nganter Monita pulang, trus Monita mendadak nyium pipinya Nagabonar, si Bonaga jealous, terus dia nyodorin pipinya buat dicium juga sama Monita, tapi Monita-nya tetep lewaaaat aja, wah gila tuh lucu banget. Meskipun gak ada dialognya, tapi ekspresinya semua pemain waktu itu dapet banget, jadinya kita tetep ngerti perasaan masing-masing tokoh waktu itu. Keren banget!
4. Waktu adegan si Bonaga tidur sekamar sama Nagabonar. Si Nagabonar kan nggak tahan pakai AC, jadi dia minta Bonaga matiin AC-nya, padahal Bonaga paling nggak bisa tidur kalo gak pake AC. Akhirnya lama-lama Bonaga tidur juga soalnya kepalanya dielusin terus sama Nagabonar. Tapi setelah Bonaga tidur, diem-diem Nagabonar nyalain AC trus pindah dari kamarnya Bonaga. Ini juga keren banget. Kita bener-bener bisa lihat kasih sayang seorang bapak di adegan ini. Simpel tapi bermakna banget.
5. Waktu upacara bendera di kampung, Nagabonar kan ikut upacara itu, tapi karena badannya udah gak kuat untuk lama berdiri jadinya dia paksain dirinya buat berdiri. Nah, waktu ada sesuatu nyangkut di tali bendera, benderanya kan jadi susah dikerek, jadinya hormatnya Nagabonar gak turun-turun, padahal dia udah mulai pingsan, untungnya dibantuin ama anak2 kampung, trus akhirnya dia teriak, "Tegakkan badanku! Aku ingin melihat merah putih berkibar di puncaknya!" dan akhirnya beberapa saat kemudian cewek kecil yang ngerek bendera itu berhasil ngerek benderanya ampe tuntas, saat itu juga Nagabonar pingsan. Nasionalismenya keren bangeeeett... apa ada ya orang kayak dia hari gini?
6. Adegan waktu Nagabonar abis pingsan, trus dia ngomong sama Bonaga, "Salahku adalah aku masih hidup di jamanmu. Jaman yang sangat sulit kumengerti. Tapi berupaya kupahami, karena aku begitu mencintaimu Bonaga..." huaaaaaaa.... mau nangeeeessss....
7. Waktu bapaknya bilang ke Bonaga kalo aja seandainya yang merawat Bonaga bukan dia tapi emaknya, mungkin Bonaga bisa mengerti tentang kelembutan hati, karena tidak punya kelembutan hati itulah jadinya Bonaga gak bisa bilang cinta ke Monita. Ini juga bagus lho...
Yah, tujuh aja deh, sebenernya buanyak banget adegan favorit, tapi males ngetiknya, hehehehe.... pokoknya buat yang kepengen sakit perut karena ketawa dan mata berair karena terharu, this is the perfect film for you. Wajib tonton neeehh! Jangan mau kalah dong sama wapres n menteri-mentri kita! Mereka udah nonton mosok kamu enggak? Hehehehe...

0 comments:

Post a Comment